Beranda | Artikel
Bab Syufah - Kitab Matan Abu Syuja (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)
Kamis, 7 Januari 2016

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Kamis pagi, 27 Rabiul Awwal 1437 / 7 Januari 2016. Pada pertemuan sebelumnya, Ustadz Erwandi telah menyampaikan tentang “Bab Ghasab / Merampas“, dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Syuf’ah“.

(Download juga: kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib – Matan Abu Syuja’ – Format PDF)
[wpdm_file id=49]

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Syuf’ah

Syuf’ah adalah pengambilan aset milik sekutu (mitra usaha) oleh sekutunya (mitra usahanya) yang dijual dengan harga jualnya.

Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

والشُّفْعَة واجبة بالخُلْطَةِ دون الجِوَار، فيما ينقَسِم دون مالا ينقَسِم، وفي كل ما لا يُنْقَلُ من الأرض كالعَقَار وغيره، بالثمن الذي وقع عليه البيع.
وهي على الفَوْر، فإن أخَّرَهَا مع القُدْرَةِ عليها بَطَلَت.
وإذا تَزَوَّجَ امرأةً على شِقْصٍ أخَذَه الشَّفِيعُ بمَهْرِ المِثْل.
وإن كان الشُّفَعَاء جَمَاعَةً استَحَقُّوها على قَدْرِ الأملاك.

Syuf’ah berlaku bagi rekan kongsi dan tidak berlaku bagi tetangga. Syuf’ah berlaku dalam harta yang bisa dibagi, bukan harta yang tidak bisa dibagi. Syuf’ah juga berlaku dalam semua barang yang tidak bisa dipindahkan dari permukaan tanah, seperti bangunan dan selainnya. Syuf’ah berlaku dengan harga penjualan.”

Syuf’ah harus dilakukan seketika. Jika ditunda padahal mampu menyegerakannya, maka batal. Jika seorang perempuan dinikahi dengan mahar sebidang tanah kongsi, maka pemilik hak syufah bisa mengambilnya dengan memberikan ganti mahar standar.

Simak selengkapnya penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan Bab Syufah ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Bab Syuf’ah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/18119-bab-syufah-kitab-matan-abu-syuja-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-ma/